Nagoya Kembali Gelar Ajang Maraton Perempuan Terbesar Dunia

Nagoya kembali jadi tuan rumah untuk ajang lari maraton perempuan terbesar dunia. Apakah Para Srikandi Indonesia tertarik mengikutinya?

Ajang tersebut dinamakan Nagoya Women’s Marathon 2024 yang bakal diikuti 20 ribu peserta, 3.500 di antaranya berasal dari luar Jepang.

Lomba lari ini sudah mendapat status bergengsi dari World Athletics Platinum Road Race dan diakui Guinness World Records sebagai lomba maraton putri terbesar di dunia sejak 2012.

Uniknya untuk para peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke Nagoya untuk mengikuti ajang ini. Sebab pihak panitia juga menggelar maraton itu secara virtual sedari 10 Februari hingga 31 Maret 2024.

Sementara perlombaan fisik dihelat 10 Maret 2024. Lomba ini tak sekadar mencari siapa yang terbaik, tapi juga jadi ajang seleksi untuk tim Maraton Putri Jepang sebelum tampil di Olimpiade Paris 2024.

Itulah yang jadi keunikan ajang ini, karena para peserta umum dari berbagai macam profesi bisa berkompetisi langsung dengan atlet profesional, sehingga merasakan sensasi berbeda. Bahkan panitia membuka kesempatan untuk para pelari yang baru pertama kali ikut lomba.

Baca juga: Odekta Finis 10 Besar Maraton Putri Asian Games 2023

Panitia sebenarnya sudah merilis aplikasi untuk lomba maraton virtual sejak tahun 2020, ketika Nagoya Women’s Marathon dan Nagoya City Marathon dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Peserta lomba virtual diwajibkan mengunduh aplikasi “Runtrip” setelah melakukan registrasi. Aplikasi ini berguna untuk mencatat dan memverifikasi catatan waktu serta jarak tempuh pelari selama event berlangsung.

Satu lagi keunikan dari ajang ini adalah pelari bebas memilih waktu dan trek yang ingin dilalui, tanpa direpotkan faktor biaya penginapan dan perjalanan. Peserta diperbolehkan mengundang keluarga atau kolega untuk memberikan semangat saat menyelesaikan lomba itu.

Anda tertarik mengikutinya? Pendaftaran di situs resmi Nagoya Women’s Marathon 2024 baru dibuka 20 Oktober pukul 10.00 hingga 30 Oktober pukul 23.59 waktu Jepang. Sebagai kenang-kenangan untuk para finisher adalah satu kalung dan liontin bikinan Tiffany & Co.

Baca juga: Labuan Bajo Marathon 2023 Akan Digelar November

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Kursuswebbandung. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.